468x60 Ads

Sabtu, 13 September 2014

Materi 1 Klas 10 Sem 1

PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN

A. Pengertian Pendidikan Kemuhammadiyahan

Pendidikan kemuhammadiyahan adalah kegiatan pembelajaran mengenai hakikat, visi dan misi pergerakan Muhammadiyah dalam seluruh aspeknya dengan menumbuhkan nilai-nilai dan sikap hidup Islam sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Nilai-nilai ini diwujudkan dalam pandangan, pendirian dan sikap hidup serta perjuangan dalam membela agama Islam sebagaimana tuntunan Rasulullah.

A. TUJUAN MEMPELAJARI PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN
Setidaknya terdapa 3 (tiga) poin penting yang menjadi tujuan kenapa pendidikan kemuhammadiyahan perlu untuk dipelajari setiap Siswa di Sekolah Muhammadiyah. Ketiga poin tersebut adalah :
1. Memberikan pengertian yang sebenarnya terhadap para siswa tentang apa dan bagaimana pergerakan Muhammadiyah itu;
2. Memberikan bekal kepada para calon kader Muhammadiyah, pewaris dan penerus perjuangan Muhammadiyah yang akan dating; dan
3. Memberikan bukti nyata kepada semua pihak bahwa andil amal usaha Muhammadiyah itu semata-mata dalam rangka memajukan manusia serta masyarakat untuk mencapai ridho Allah SWT., baik di dunia maupun akhirat. 

B. RUANG LINGKUP PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN
Pokok-pokok materi Pendidikan Kemuhammadiyahan ini meliputi sejarah Muhammadiyah, landasan Ideologi, landasan operasional pergerakan Muhammadiyah dan landasan struktur organisasi pergerakan Muhammadiyah. Keempat hal ini adlah materi-materi yang akan dibahasa pada pelajaran Kemuhammadiyahan. Berikut adalah Ruang lingkup dan harapan-harapan yang hendak dicapai, antara lain :

1. Sejarah Muhammadiyah.
Dengan materi ini diharapkan dapat diketahui latar belakang dan sebab-sebab berdiri, ide atau cita-cita perjuangan, pertumbuhan, tantangan serta hasil yang dicapai oleh pergerakan Muhammadiyah. Selain itu juga akan diketahui peran Muhammadiyah dalam kancah perjuangan dan kebangkitan Islam di Indonesia pada khususnya dan dunia Islam pada umumnya.

2. Landasan Ideologi
Dengan mempelajari materi diharapkan dapat dikethui kerangka pemikiran Muhammadiyah dalam memperjuangkan dan mewujudkan cita-citanya. Bahan-bahan untuk mempelajari persoalan ideology ini meliputi Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Keperibadian Muhammadiyah, Matan keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah dan Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah.

3. Landasan Operasional
Dalam materi ini akan diperkanalkan tentang garis-garis perjuangan pergerakan Muhammadiyah. Adapun bahan-bahan pokok pelajarannya adalah masalah Lima, 12 Langkah Muhammadiyah, Khittah Palembang, Khitta Ponorogo, Khittah Muhammadiyah Tahun 1978 dan Khittah Denpasar.

4. Landasan Struktur Organisasi Pergerakan Muhammadiyah.
Dengan memahami materi ini diharapkan dapat diketahui tata kerja pergerakan Muhammadiyah. Selain itu juga akan dikethui bagaimana cara pergerakan Muhammadiyah. Selain itu juga akan dikethui bagaimana perjuanggannya sesuai dengan garis yang telah ditentukan dalam landasan Ideologi maupun landasan operasionalnya. Adapun bahan-bahan pokok untuk mempelajari struktur dan organisasi pergerakan Muhammadiyah meliputi Anggaran Dasar Muhammadiyah, Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah, Kaidah Organisasi Muhammadiyah dan peraturan-peraturan yang lainnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih sudah membantu kelancaran mengajar KMD

Posting Komentar